Wednesday, January 9, 2008

Hijriah



Dalam tahun ini kita diawali dengan 3 kali tahun baru: Tahun Baru Masehi, Tahun Baru Hijriah (Muharam) dan Tahun Baru Cina.

Tahun Baru Masehi dibuat berdasarkan dengan mengikuti resolusi matahari sementara kalender Hijriah atau Kalender Islam menggunakan sistim kalender lunar (komariyah). Kalender ini dinamakan Hijriah krn tahun pertama pd kalender itu terjadi peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah thn 622 M.

Penentuan dimulainya hari/tanggal pada Kalender Hijriyah berbeda dgn pada Kalender Masehi. Pada sistem Kalender Masehi, hari/tanggal dimulai pd pukul 00.00 waktu setempat. Namun pada sistem Kalender Hijriah, hari/tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut atau ketika waktu Ashar tiba. Dan 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.

Dalam sistim tata surya abad ini, salah satu ilmuwan Jepang meniliti bhw laut mengontrol perjalanan matahari. Lambat cepatnya matahari tergantung pada rotasi perputaran bulan. Untungnya ... laut nggak berputar, dan klo ya bisa aja ada orang bikin kalender laut nantinya ... ha ha ha ...Karena selama ini kan ada kalender Cina, Jawa dan banyak sekali sistim pertanggalan di abad ini.

Hijriah secara makna diawali dari perpindahan Rasululullah Muhammad saw dari Mekah ke Madinah. Momentum dalam perpindahan atau bisa dikatakan perubahan ketika kita berpindah dari satu tempat ke tempat apapun bentuknya dan seluruh DNA kita pun juga berpindah/berubah sebgaiamana yang telah diteliti oleh salah satu ilmuwan dari Jepang yang mendapat hadiah Nobel.

Dan umumnya dari kita adalah sosok pribadi yang berpindah. Apakah itu berpindah dari pekerjaan atau dari suatu lingkungan atau meninggalkan perkara yang buruk.

Nah, Temanku sekalian bagaimana ...sudahkah berhijrah dan apa yang terjadi setelah itu.

No comments: