Friday, June 1, 2007

Memilih Untuk Berhijab


Apakah kita seorang yang baru masuk islam atau terlahir dari keluarga muslim tetapi belum menutup aurat, kita harus menyegerakan langkah dan panca indera kita karena ketentuan ini wajib dijalankan bagi semua wanita muslim yang telah baligh, sebagaimana yang erdapat pada S. Ahzab; 59 dan S. An.Nur: 31 Tentunya kita tidak mau termasuk pada suatu kaum yang Fasik kan. (Fasik, mengetahui akan ketentuan2 dan hukum2 Islam tetapi tidak menjalaninya).

Bahagianya kita hidup di Indonesia yang kebudayaannya dapat menerima keaneka ragaman perilaku. Cobalah secara perlahan dan terangkan mengapa kita berhijab, dan ada keinginan yang begitu besar untuk menutup aurat. Ini bisa dikatakan suatu proses dari contoh seorang muslimah. Bantu lingkungan kita untuk memahami tentang Islam yang baik dan benar.

Bersyukurlah pada Allah swt, bahwa kita bisa diterima dan dapat “mengeksploitasikan” skill kita di kantor tanpa lingkungan melihat cara kita berpakaian. Tetapi bisa kebalikannya yang kita dapati. Tapi tetaplah bersikap ramah pada mereka dan belajarlah untuk mengutarakan pendapat dengan santun dan benar bahwa ini adalah pakaian Muslimah dan tidak perlu dibesar-besarkan.


Seperti yang kita lihat sekarang ini, banyak sekali cara teman kita memakai hijab. Ulama daripada keempat madzab bersepakat bahwa minimum anggota tubuh yang perlu di hijab (tutup) ialah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Bagaimana bentuk atau fesyen bagi menutup tubuh, terserah kepada keadaan dan budaya asalkan ia memenuhi syarat berhijab.diantaranya tidak ketat/longgar. Islam mengharamkan perempuan memakai pakaian yang membentuk dan tipis sehingga nampak kulitnya. Termasuk diantaranya ialah pakaian yang dapat mempertajam bagian-bagian tubuh, khususnya tempat-tempat yang membawa fitnah (Dr. Yusuf AL-Qaradhawi dalam bukunya halal dan haram dalam Islam).

Teruslah memohon pada Allah swt, karena hanya dengan bantuanNya lah kita mampu mengamalkan amalan2Nya tanpa dibebani rasa malas. Dan tetap belajar mencari tahu kegunaan dalam berhijab, sama seperti keinginan tahuan kita dalam mempelajari agama kita sendiri yaitu Islam.

Perempuan2 yang memakai hijab hendaklah bersyukur atas hidayahNya yang telah diberikan kepada mereka, tetapi tidak pula menjadikan amalan hijabnya satu alasan untuk memandang rendah saudara2 kita yang lain.

No comments: